Api Tak Kunjung Padam, Wisata Paling Unik di Pamekasan Madura

Api Tak Kunjung Padam, Wisata Paling Unik di Pamekasan Madura - Wisata alam yang satu ini sangat menarik dan unik untuk anda kunjungi, karena Wisata ini memiliki api alam yang dikenal api abadi terletak di Kabupaten Pamekasan Madura merupakan satu dari sekian banyaknya api alam di dunia. Api Tak Kunjung Padam terletak di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanaka, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Api Tak Kunjung Padam, Wisata Paling Unik di Pamekasan Madura

Lokasi Api Tak Kunjung Padam tidak terlalu jauh dari pusat kota pamekasan yang berjarak 4 km kurang lebih dengan lama perjalanan sekitar 15 menit, jika anda dari Kota Surabaya maka memakan kurang lebih 3 jam melewati jembatan suramadu.

Kenapa dikatan menarik dan unik ? karena api alam ini berasal dari permukaan bawah tanah mungkin adanya zat kimia. Uniknya, meski api ini terguyur air maupun hujan tapi api ini tidak akan mati dan tetap menyala terus.

Api Tak Kunjung Padam sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Madura, jadi tidak heran lagi jika wisata ini sangat banyak pengunjung yang berdatangan, karena penasaran dan ingin melihat secara langsung api abadi ini.

Sejarah Api Tak Kunjung Padam

Api tak kunjung padam pada " DHANGKA " memiliki suatu latar belakang dari kisah KI MOKO , konon kira-kira pada abad XVI sekitar tahun 1605 saka atau tahun 1683 masehi, disitu hiduplah seorang pengelana penyebar agama islam serta memiliki kesaktian yang bernama KI MOKO dengan nama aslinya R. WIGNYO KENONGO.

Dia bertempat tinggal di tengah-tengah hutan yang tandus, KI MOKO yang pekerjaan sehari-harinya mencari ikan di laut, berhasil menciptakan sumber kebutuhan hidup yang diupayakan guna memenuhi kebutuhan yang mendesak yaitu pada saat menjamu tamu dari kerajaan dalam rangka perayaan pernikahan dirinya dengan putri sang raja.

Kisah ini bermula ketika KI MOKO mendengar sebuah berita bahwa Raja di Kerajaan Palembang sedang dirundung kesedihan karena sang anak raja yaitu putri menderita sakit yang tak kunjung sembuh, meski sudah banyak tabib yang mengobatinya.

Pada kesempatan itu KI MOKO terpanggil untuk mengobati penderitaan putri raja, KI MOKO mempersembahkan sesuatu pada sang raja berupa tabung bambu yang penuh berbagai macam mata ikan dan dikirim lewat utusannya. Raja sangat terkejut barang yang semula dianggap tak berharga berubah menjadi barang berharga berupa permata intan dan berlian. Raja sangat terkejut dan gembira begitu pula sang putri langsung sembuh dari sakitnya.

Melihat kejadiaan itu sang Raja merasa berhutang budi pada KI MOKO dan sesuai perjanjiannya sang Raja memberi peti kepada KI MOKO, setelah peti tersebut sudah sampai di tangan KI MOKO dan dibuka ternyata didalam terjelma seorang putri yang amat cantik dan jelita, itulah SITI SUMENTEN putri sang Raja sengaja dianugrahkan untuk KI MOKO untuk dijadikan istrinya.

Menghadapi kenyataan ini KI MOKO sangat senang dan gembira. Namun, kegembiraan itu berubah menjadi rasa risau karena bersamaan dengan itu tersiratlah sebuah berita bahwa tak lama lagi rombongan dari kerajaan akan segera datang ke kediaman KI MOKO untuk merayakan pernikahan. Kerisauan KI MOKO karena tempat kediaman serta segala kebutuhan perayaan tidak memungkinkan. Namun, kerisauan tersebut telah hilang setelah KI MOKO memutuskan bati semedinya untuk memohon pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

KI MOKO menancapkan tongkat saktinya lalu berdirilah bangunan istana yang sangat megah. Namun, istana tersebut hanya bertahan selama perayaan pernikahan saja.

Dengan begitu KI MOKO menancapkan lagi tongkat saktinya, lalu munculah sumber air yang menjadi sebuah telaga dan tercipta kobaran api abadi yang tak padam dan berguna untuk kebutuhan manusia dimana pun.

Lokasi Api Tak Kunjung Padam

Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanaka, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Itulah Referensi Wisata Api Tak Kunjung Padam Di Pamekasan Madura, Semoga bermanfaat bagi anda.

Tips liburan agar lebih seru !!


1. Ajak teman yang suka bercanda/humoris


Ketika anda liburan untuk mengisi sela-sela yang kosong, contohnya, jika pesawat terbang mengalami delay atau bahkan bisa saja ada hal yang merusah suasana (mood) hati anda.

Dengan mengajak teman yang suka bercanda bisa menjadi salah satu solusi terbaik, mereka bisa menghiburmu ketika sedang bosan atau bahkan marah. Apalagi jika di tempat yang susah untuk dijangkau teknologi, yang paling efektif yaitu bercanda dengan teman, keluarga, pacar dan dijamin suasana hati kamu akan menjadi ceria.

2. Berfoto pose lucu

Mengabadikan moment ketika berkunjung kewisata merupakan hukumnya wajib, tapi agar lebih seru, tidak ada salahnya jika anda mencoba berfoto yang lucu/unik. Jika ada air terjun, maka anda berposela dibawahnya seakan anda kejatuhan air, jangan sampai melanggar aturan atau merusak barang disekitar wisata tersebut.

3. Bermain permainan yang menyenangkan

Hal sederhana biasanya menjadi sesuatu yang berdampak sangat besar. Begitu pula dengan bermain permainan yang tidak biasa saat berwisata, permainan bisa apa saja yang ada disekitarnya. Misalnya sedang trip, saling berbalas tebakan atau pantun sederhana, terkadang aneh tapi bisa mengurangi kebosanan dan menambah keseruan tersendiri.

4. Mencoba hal baru

Dengan mencoba hal baru bisa mengurangi kebosanan ketika anda berwisata, misalkan ketika  trip anda bisa sambil menyanyi, padahal anda tidak pernah bernyanyi.

0 Response to "Api Tak Kunjung Padam, Wisata Paling Unik di Pamekasan Madura"

Posting Komentar

Peraturan dalam berkomentar

1. Dilarang menggunakan kata kotor
2. Gunakan bahasa yang sopan
3. Dilarang menyebarkan SARA
4. Dilarang berkomentar dengan memberikan link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel