Hubungan Antara Penyakit Gum Dan Penyakit Rheutamoid Arthritis

Penyakit peridontal, yang biasanya dikenal dengan penyakit di gusi, dan rheumatoida arthritis ialah dua penyakit parah rata-rata orang tak dapat ditemukan serta terhubung. Namun, penelitian yang terbaru menunjukkan hal itu sebaliknya. Sebelum membahas hal yang medis serta ilmiah tentan kaitan ini, tepatnya untuk mengetahui ada dua penyakit tersebut serta bagaimana penyebabnya.

Penyakit yang terjadi di gusi, itu merupakan penyakit radang gusi, serta memiliki tiga tahapan, yaitu radang gusi, periodontitis. Gingivitis adalah tahap yang awal dari penyakit gusi dimana plak mulai menumouk di area gigi. Hal ini bis terjadi karena penyakit yang tidak tepat serta anda jarang pergi ke dokter gigi. Gejala ini bisa membuat gusi anda menjadi bengkak dan berwarna kemerah-merahan atau warna ungu.



Rheumatoid arhritis adalah penyakit dalam sistem kekebalan tubuh, bukanya anda harus melawan serta mencegah virus dan bakter, dapat menyerang jaringan sendi juga, hal ini disebabkan karena peradangan di persendian sehingga bengkak. Bila hal ini tak di obati, bakteri bisa juga mempengaruhi tulang rawan serta bergabung bersama sendi dan di tulang, inilah penyebabnya kenapa yang sakit rheumatoid arhritis memiliki penyakit cacat tulang.

Bakteri dapat menyerang jaringan serta tulang yang menahannya, setelah beberapa lamanya, pembengkakan bisa mulai kapan saja dan menyebabkan orang tersebut mengalami kesakitan. Dalam kasus pada penderita sakit gusi, pembengkakan tak akan begitu jelas karena mereka tidak mengalami rasa sakit. Pada kedua penyakit diatas, bakteri dapat merusak persendian.

Sebuah studi di european congress of rheumatology di tahun 2012 pernah membuktikan bahwa di 635 pasien dengan sakit arhritis, orang yang memiliki sedikit gigi pasti memeliki perawatan yang lebih rendah dan diberikan untuk menyebuhkan penyakit radang sendi awal.

Tapi lebih dari semua hal itu, telah adanya perkembangan besar untuk menemukan antara penyakit gusi serta rheumatoid arthritis. Para ilmuwan pernah menemukan bahwa citrullination merupakan bagian dari proses penyakit tersebut. Citrullination adalah ketika ada asam amino di dalam protiein bisa mengubah  sebuah struktur molekulernya tersebut. Pada penyakit di gusi, salah satunya bakteri yang dapat menyerang gusi akan menguatkan citrullination. Pada sakit rheumatoid arthritis, akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah dan menyerang jaringan sendi. Inilah mengapa sistem kekebalan tubuh terlepas dari antibodi yang bisa masuk langsung kedalam jaringan sendi. Antibodi akan memutuskan persendian serta yang disebutkan sebelumnya, jika tak ditangani maka mereka dapat merusak semua tulang yang ada didekatnya.

Sementara antara kesamaan bisa menunjukkan bahwa hubungan antara dua penyakit yang kronis ini, namun dokter pun masih belum bisa mengatakannya, entah penyebabnya satu dengan lainnyam dalam sebuah penelitian yang pernah diterbitkan di jerman, kesimpulannya menyatakan bahwa orang yang memiliki sakit rheumatoid arthritis memiliki sekitar delapan kali kemungkinan mendapatkan penyakit yang bernama periodontal. Namun, di dalam sebuah penelitian yang ada di Kentucky  tahun 2013, menyatakan bahwa bakteri yang memulai dari sakit gusi benar-benar meningkatkan grvitasi di rheumatoid arthritis.

Melihat semua hal itu, tidak ada cukup bukti untuk mengatakan bahwa itu yang menyebabkan lain, meskipun secara demikian, berdasarkan hasil pada eksperimen serta pengamatan, orang yang mungkin lebih menarik kesimpulan bahwa penyakit gusi dapat memperkuat sitrait, maka bisa menjadi adanya sakit rheumatoid arthritis karena di sistem kekebalan tubuh bisa mulai memasang jaringan sendi saat berlangsungnya sitrat, tapi jika anda mengatakan bahwa bakteri tersebut mengawali sakit gusi servers, maka kemungkinan sendi anda di gigi bisa menjadi efel lemahnya semua sendi di tubuh.

Sampai hari ini pun masih belum pasti, dokter sekarang yakin karena mereka memiliki komponen terhadap kedua gangguan inflamasi, tapi semua orang tidak perlu menunggu adanya kesimpulan untuk mencegah kedua akumulasi pada plak yang tidak baik bagi gusi serta gigi.

Memiliki kebersihan pada mulut merupakan cara tepat dan membatu terjadinya peradangan gusi dan radang lainnya, perawatan gigi bisa mudah dilakukan, jangan mengira bahwa menyikat gigisudah cukup untuk menjadikan gusi sehat, bukan itu masalah dan jika anda memastikan bahwa adanya kemungkinan penyakit gusi menurun, kunjungi secara rutin ke dokter gigi adalah suatu keharusan, disisi lain, bia seorang sudah menderita rheumatoid arhritis, sebaiknya dia sudah datang ke dokter gigi sehingga sendi mengalami radang,mereka penderita rheumatoid arhritis juga bisa mencoba pengobatan periodontal yang menjanjikan kesembuhan untuk pasien.

0 Response to "Hubungan Antara Penyakit Gum Dan Penyakit Rheutamoid Arthritis"

Post a Comment

Peraturan dalam berkomentar

1. Dilarang menggunakan kata kotor
2. Gunakan bahasa yang sopan
3. Dilarang menyebarkan SARA
4. Dilarang berkomentar dengan memberikan link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel