Cara Buat CV Dan Kirim Surat Lamaran Kerja Via Email Terbaru 2018-2019


Kali ini saya akan membagikan Cara Buat CV Dan Kirim Surat Lamaran Kerja Via Email Terbaru 2018-2019, meskipun anda sudah lama memiliki Smartphone Android, namun masih banyak yang bingung menggunakan aplikasi Gmail untuk mengirim Curriculum Vitae.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mengirim cv lewat email di hp android dan beserta contoh pembuatan surat lamaran kerja, anda bisa memanfaatkan aplikasi Google Dokumen sebagai alat menulis surat untuk lamaran kerja dengan mudah.


Dengan cara mengirim CV via email maka anda dapat menghemat waktu dan tenaga, Kenapa ? jika anda menggunakan surat lamaran kerja maka anda harus mendatangi pabrik/perusahaan yang lokasinya sangat jauh atau anda juga harus mengirimnya via pos, sangat memakan banyak waktu bukan, lebih baik mengirim lamaran kerja via email saja.

Kali ini kita hanya memanfaatkan aplikasi android dan sedikit kuota, jika ingin lebih berhemat maka gunakan wifi sambil ngopi hehe, dari pada anda harus membeli kertas untuk menulis surat, fotocopy, beli bensin kan lebih baik anda berhemat saja.

Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja di hp/android atau anda bisa langsung ke langkah kedua untuk mengirim lamaran kerja lewat gmail apabila semua dokumen lamaran anda sudah disiapkan.

Jika file anda semuanya sudah lengkap dari scan ktp, pas foto, scan ijazah, sertifikat, transkrip nilai, file doc, file pdf dan file lainnya yang penting.

Cara membuat lamaran kerja di hp

Dengan menggunakan aplikasi dari Google yang namanya "Google Dokumen" serta tersedia di Play Store, saya akan memberikan contoh untuk membuat surat lamaran kerja yang benar, ikuti cara dan lihat dengan benar agar tidak ada kesalahan. Pastikan terlebih dahulu bahwa anda sudah memiliki akun Gmail.

1. Download aplikasi Google Dokumen di Google Play Store pada hp android anda. Pada gambar dibawah saya sudah menginstallnya.

2. Buka Aplikasi, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Anda harus masuk ke akun gmail dulu, Jika sudah klik tombol + untuk menulis surat lamaran kerja baru.


3. Anda bisa mengikuti ketikan surat lamaran kerja secara formal yang sudah saya sediakan di bawah ini. Gambar dibawah sebagai contoh saja atau bisa anda download.

4. Jika anda sudah menulisnya, silahkan anda dengan menekan tombol kembali akan muncul gambar dibawah untuk mengubah nama dokumen, anda bisa menggantinya menjad "surat lamaran pekerjaan", karena nantinya akan dibutuhkan lagi.


5. Jika semuanya sudah selesai, maka anda harus merubah format dokumennya menjadi pdf, caranya masuk ke tombol menu yang tanda titik 3 -> Bagikan & ekspor.

6. Pilih Simpan sebagai....

7. Klik pada Dokumen PDF (.pdf), agar formatnya menjadi pdf.

8. Maka hasil file pdfnya akan menjadi seperti gambar dibawah ini.

9. Dengan menekan tombol kembali, maka anda akan menemukan tampilan seperti dibawah ini, klik yang ditunjukan arah panah merah.

10. Jika sudah langsung klik download, dengan mengeklik download maka anda bisa menyimpan dokumen dari surat lamaran pekerjaan yang anda buat tadi dan akan tersimpan di google drive.

Cara kirim surat lamaran kerja via Email di android

Sesudah membuat surat lamaran, kali ini anda harus mengirim surat lamaran tadi melalui email, kali ini mengirimnya menggunakan aplikasi dari Google yaitu Gmail, kenapa menggunakan Gmail ? karena dengan aplikasi gmail anda bisa menggunakannya dengan mudah apalagi aplikasi ini resmi dari google, untuk cara mengirimnya ikuti langkah dibawah ini :

1. Buka aplikasi Gmail, jika belum punya anda bisa download di Play Store.
2. Anda bisa Pilih/Klik tanda pensil

3. Jika sudah, silahkan ketik email yang ingin dituju pada kolom "Kepada"(1), untuk kolom "Dari" sudah terisi otomatis jadi tidak perlu dirubah. Tuliskan "Subjek/Judul Email" (2).

4. Selanjutnya masukan surat yang anda buat tadi dengan cara pilih "Lampiran File"

5. Sekarang anda bisa memilih file anda tadi yang bernama "Surat Lamaran Pekerjaan" dengan berformat pdf.

6. Setelah memasukkan dokumen anda, maka anda juga bisa menambahkan isi pada email seperti yang telah saya lingkari berwarna hijau pada gambar di bawah ini. Jika sudah anda bisa memilih icon pesawat kertas untuk mengirim email anda.

Dengan panduan diatas maka anda sudah belajar membuat cv dan cara mengirim surat lamaran kerja lewat email, caranya cukup mudah bukan. Jika ada kesalahan atau ingin ditanyakan, anda bisa berkomentar dibawah. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Cara Buat CV Dan Kirim Surat Lamaran Kerja Via Email Terbaru 2018-2019"

Posting Komentar

Peraturan dalam berkomentar

1. Dilarang menggunakan kata kotor
2. Gunakan bahasa yang sopan
3. Dilarang menyebarkan SARA
4. Dilarang berkomentar dengan memberikan link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel