Bosan Jadi Karyawan, Ingin Berwirausaha? Coba Ikuti Tips Dan Cara ini

Semua orang pasti pernah mengalami bosan, pasti anda juga pernah berpikir "Bosan Jadi Karyawan Usaha Apa Ya Enaknya" atau anda tidak memiliki motivasi ? hal seperti itu sangat banyak sekali dialami oleh karyawan swasta atau pemerintah.



Adakah hal lain yang harus ditempuh anda ?

Dibawah ini beberapa jawaban logis dari pertanyaan adalah seperti dibawah ini :

1. Mencari tempat kerja baru

Mungkin dengan mencari tempat kerja baru, anda bisa menemukan suasana baru atau dianggap lebih baik dari pada tempat kerja yang sebelumnya, apabila hal yang anda inginkan tidak terpenuhi, misalnya di tempat kerja anda yang baru ternyata biasa-biasa juga, maka dari waktu kedepannya anda juga mengalami hal yang sama, yaitu mengalami bosan, hal ini pasti terjadi di setiap orang dan akan terus berulang di beberapa tempat serta lingkungan kerja dan sampai pada titik dimana karyawan tersebut akan menyerah.

2. Menjadi Wiraswasta/ Wirausaha

Menjadi wiraswasta/ wirausaha adalah pilihan dimana ketika seseorang itu sudah mengalami kejenuhan yang berat menjadi pegawai di kantoran, bisa saja disebabkan oleh pressure maupun lingkungan kerja yang kurang nyaman, atau disebabkan adanya permusuhan yang dialami pegawai karena adanya pertikaian yang dialami setiap hari sehingga memilih berhenti menjadi pegawai. Dengan berhenti dan membuka wirausaha akan membuat seorang pegawai menjadi sejahtera.

Namun, ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan seperti "aku harus cari modal dari mana?","aku harus membuka usaha apa?","bagaimana kalau usahaku tidak ada pembeli?","bagaimana cara mendatangkan pembeli?","aku harus memulai dari mana?" dan masih banyak lagi pertanyaan yang terlintas dipikiran. Tapi anda tenang dulu, karena semua akan terjawab oleh waktu, intinya anda terus berusaha di temani dengan kemauan, inti dari berwirausaha adalah kemauan ?.

Dibawah ini adalah beberapa sharing buat anda yang sudah bosan menjadi karyawan untuk menambah keyakinan anda menjadi seorang wirausahawan sukses :

1. Niat dan Keyakinan

Hal pertama, anda harus yakin dengan pribadi yang ada di dalam diri, bahwa berwirausaha bukanlah sebuah pelarian dari rasa tidak suka karena pekerjaan yang lama, tetapi berwirausaha adalah sebuah keharusan yang ditempuh jika usaha anda gagal, semangat dalam berwirausaha akan tetap ada pada diri dan tidak menyesali lalu mengeluarkan kata "kenapa ya dulu saya keluar dari pekerjaan yang lama, kalau tau seperti ini saya akan tetap bekerja saja disana".

Kalau anda memiliki pemikiran yang seperti itu, maka niat anda belum besar. Inti dalam berwirausaha adalah jatuh bangkit lagi, jatuh bangkit lagi, jatuh bangkit lagi dan seterusnya hingga sampai sukses. Taukah penemu bola lampu ? beliau gagal hingga 500 lebih, namun beliau tetap yakin dan niat hingga sampai penemuannya dinikmati seluruh dunia hingga saat ini.

2. Modal

Setiap seseorang yang ingin berwirausaha pasti memiliki pikiran bagaimana cara mendapatkan moda dan untuk membangun usaha apa, rasa takut untuk mendapatkan modal biasanya akan mengalajhkan keinginan untuk membuka wirausaha dan akhirnya akan kembali menjadi karyawan, rasa amanlah dan nyaman dari gaji bulanan serta tunjangan yang membuat seorang karyawan menjadi tidak memiliki inovasi dan keberanian dalam mengambil keputusan.

Modal merupakan faktor yang paling penting, tetapi bukan faktor terpenting dalam berwirausaha. Faktor paling pentingnya anda harus memiliki niat besar dengan adanya kemauan dari dalam diri. Pada zaman saat ini sudah banyak sekali usaha tanpa modal, seperti apa usaha tanpa modal?

Dengan menjadi reseller beberapa produk dari produsen dan anda tanpa menyediakan stok barang. Anda bisa mengajukan untuk menjadi reseller ke produsen, yang terpenting ialah gunakan kemampuan dalam diri anda untuk memasarkan produk tersebut. Manfaatkan media sosial seperti instagram, twitter, facebook. Gunakan komunikasi verbal untuk menarik pelanggan atau bias saja dari keluarga, saudara, teman atau sahabat agar mau membeli produk anda.

Jika sudah ada yang berminat dengan produk anda, maka silahkan pesan ke produsen agar dikirimkan pesanan tersebut, dari selisih harga reseller itulah yang akan menjadi keuntungan untuk anda. Semakin banyaknya orderan maka akan semakin banyak juga keuntungan yang bisa anda dapatkan.  itulah salah satu usaha tanpa modal.

3. Produk

Jika anda sudah memiliki modal dan timbul sebuah pertanyaan "apa yang harus diproduksi","biayanya berapa","produknya dijual berapa?","bagaimana cara memproduksinya?".

untuk memulai produksinya, anda harus menentukan barang apa yang ingin anda produksi. langkah termudah adalah anda bisa mencari bahan baku apa yang ada di daerah anda. stok bahan baku yang berlimpah akan memudahkan untuk memproduksi karena sesuai dengan hukum ekonomi apabila banyaknya penawaran.

bagaimana produksi ? hal itu harus anda pelajari sendiri, atau anda bisa belajar ke teman atau keluarga terdekat, ketika ingin membuat produk, anda harus memiliki kraetifitas dan inovatif agar produk anda menjadi lebih baik dari pada produk sejenisnya atau memiliki ciri khas tersendiri dan bisa membedakan dari produk lain.

4. Waralaba

Jika anda kebingungan dan belum memiliki rencana untuk produksi, anda bisa memakai sistem yang ada, anda bisa mencari di internet mengenai usaha yang ingin anda buka, harga waralaba biasanya bervariasi, tergantung kepopuleran dari merk tersebut. kemudahan waralaba adalah anda sudah bisa ikut menjadikan merk tersebut menjadi milik anda. Tetapi para waralaba juga sering lengah dengan beranggapan bahwa kalau sudah mempunyai usaha terwaralaba yang merk populer, cenderung mengabaikan apa yang disebut rasa serta sentuhan, sehingga merk terkenal tidak bisa menjamin prudk yang ada pada anda laku.

5. Pemasaran

Pemasaran adalah kunci bagaimana produk anda bisa laku dipasar. Berbagai macam cara sudah dilakuakan, ada yang berhasil dan ada juga yang gagal, anda tidak perlu khawatir, karena tidak ada usaha yang gagal, yang harus anda lakukan adalah dengan menerapkan sebuah strategi pemasaran.

Biasanya pemasaran dilakukan melalui televisi, brosur, media sosial, tergantung dari segmen dan budget yang anda inginkan, untuk wirausaha yang masih pemula, sebaiknya gunakan media sosial karena relatif murah, asalkan anda pintar dalam kreativitas pemasaran.

6. Overview

a. Produk (Apa yang ingin anda jual, menarik atau tidak, anda harus membuatnya semenarik mungkin)

b. Place (tempat usaha, kalau anda mau membuka usaha warung makan, maka jagalah kebersihan, kenapa ? karena itu merupakan kunci utama dari kenyamanan pelanggan ketika membeli makanan di warung anda)

c. Price (dengan harga bersahabat, produk itu akan laku keras, anda tidak bisa menyamakan harga dengan segmen pekerja di kantoran atau segmen pelajar)

d. Promosi (kreativitas anda menjadi kuncinya ketika memasarkan produk, gunakan diskon atau lainnya untuk menarik calon pembeli agar membeli produk anda.

Informasi diatas semoga bisa bermanfaat dan anda bisa menjadi wirausahawan yang sangat sukses, biasanya orang berwirausaha memiliki insting yang tinggi, maka anda juga harus bisa menggunakan insting anda, mungkin itu saja, jangan lupa kunjungi terus masirawan.com

inspirasi : kompasiana.com

0 Response to "Bosan Jadi Karyawan, Ingin Berwirausaha? Coba Ikuti Tips Dan Cara ini"

Posting Komentar

Peraturan dalam berkomentar

1. Dilarang menggunakan kata kotor
2. Gunakan bahasa yang sopan
3. Dilarang menyebarkan SARA
4. Dilarang berkomentar dengan memberikan link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel