Pengertian Jujur : Dalil Terjemahan Dan Contoh Jujur Lengkap Terbaru

Jujur adalah berkata benar dan sesuai dengan kenyataan, seseorang bisa disebut jujur apabila berkata benar sesuai dengan kenyataan. Jujur merupakan perilaku yang terpuji serta wajib dimiliki semua orang, lawan sifat jujur yaitu dusta. Jangan pernah melakukan dusta sebab Allah dan Rasul yang melarang hal dusta tersebut.

Jujur, Pengertian Jujur, Contoh Jujur, Dalil Jujur
alhikmah.ac.id


Ada hadis, berkata bahwa salah satu tanda orang munafik adalah berkata dusta, seperti terjemahan hadis di bawah ini.

Abu Hurairah r.a: "Sesungguhnya Rasulullah saw, telah bersabda tanda-tanda orang yg munafik ada 3 perkara, dia berdusta, apabila berjanji, dia ingkar, dan apabila di beri kepercayaan, dia mengkhianatinya." Sumber: Hadis riwayat bukhari dan muslim.

Janganlah bersifat dusta, anda harus membiasakan dengan sifat jujur, apalagi anda seorang muslim sudah seharusnya menghiasi dirinya dengan berperilaku jujur. Seseorang yang bersifat jujur pasti akan diberi kepercayaan lebih oleh orang lain, karena dengan anda jujur maka orang dapat merasa aman dan memberi kepercayaan kepada anda. Kepercayaan itu mahal bukan? memang kita tidak bisa memaksa orang lain untuk percaya kepada kita, kepercayaan bisa dibeli juga dengan uang dan kepercayaan juga bisa hadir karena adanya kejujuran. Misalnya seorang pemimpin di perusahaan yang memiliki sifat jujur pasti akan di beri kepercayaan oleh karyawan dan rekan bisnisnya, dengan hal ini maka perusahaan akan semakin berkembang dengan baik karena mendapatkan kepercayaan dari konsumen juga.

Apakah anda sudah membiasakan bersifat jujur di dalam kehidupan sehari-hari?  sifat jujur harus anda terapkan dan di biasakan dalam pergaulan setiap hari, ingat, bahwa generasi anak muda muslim seperti anda akan menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang, seorang pemimpin haruslah memiliki akhlak mulia serta memiliki sifat jujur.

Dari Abdullah r.a dari nabi saw bersabda: " Sesungguhnya kejujuran akan membimbing pada kebaikan, dan kebaikan akan membimbing ke surga, sesungguhnya jika seseorang senantiasa berlaku jujur hingga ia akan dicatat sebagai orang yang jujur, dan sesungguhnya dusta itu akan mengantarkan pada kejahatan, dan sesungguhnya kejagatan itu akan menggiring ke neraka, dan sesungguhnya jika seseorang yang selalu berdusta sehingga akan dicatat baginya sebagai orang pendusta." Sumber: Hadis Riwayat Bukhari.

Kejujuran akan membimbing seseorang dalam kebaikan, dan kebaikan akan membimbing menuju surga. Sebaliknya, kedustaan akan mengantarkan pada kejahatan serta mengantar anda ke neraka. Allah SWT, secara tegas memerintahkan orang yang beriman untuk berkata benar, seperti arti surat dibawah ini.

"Wahai orang-orang yg beriman, bertakwalah kamu kepada allah dan ucapkanlah perkataan yg benar." (Q.S. al-Ahzab/33:70).

Terjemahan diatas jelas sekali mengatakan bahwa Allah SWT. menyeru orang beriman untuk terus bertakwa pada Allah SWT, dan berkata benar, bertakwa berarti sungguh-sungguh dalam menaati semua perintah Allah SWT, dan menjauhi semua larangannya. 

Hakikat Takwa adalah takut pada Allah SWT, takut melakukan hal salah dan dosa, seseorang yang beriman pada Allah SWT hendaklah menyempurnakan dengan takwa, Orang yang bertakwa akan melandasi semua ucapan dan perbuadan dengan kejujuran.

Contoh Perilaku Jujur.

Saat anda berjalan kaki, secara tak sengaja, anda menemukan dompet. Setelah dibuka, ternyata isinya barang berharga, seperti ada uang dan kartu identitas. Apa yang akan anda lakukan? sebagai orang jujur maka anda harus mengembalikan dompet beserta isi secara utuh kepada yang punya, Jangan ambil yang bukan hak anda, tentu yang kehilangan dompet itu akan merasa sedih dan berharap bisa kembali. Bagaimana jika hal ini terjadi pada anda ? tentunya anda sangat ingin menemukan kembali secara utuh, jadi, jika menemukan barang yang bukan hak anda, maka segera kembalikan ke pemiliknya. Hal ini merupakan akhal yang sangat mulia.

Sumber artikel:
 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, kurikulum 2013, edisi revisi 2018

0 Response to "Pengertian Jujur : Dalil Terjemahan Dan Contoh Jujur Lengkap Terbaru"

Posting Komentar

Peraturan dalam berkomentar

1. Dilarang menggunakan kata kotor
2. Gunakan bahasa yang sopan
3. Dilarang menyebarkan SARA
4. Dilarang berkomentar dengan memberikan link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel