Pengertian Hari Kiamat : Macam-Macam Kiamat, Tanda Kiamat, Surga dan Neraka

Apa yang dimaksud beriman kepada hari akhir ? Iman kepada hari akhir adalah meyakini bahwa seluruh alam dunia dan seisinya akan mengalami kerusakan (kehancuran). Hari akhir ditandai dengan adanya tiupan terompet Malaikat Israfil. Bahwa pada hari itu lautan, daratan dan benda yang dilangit akan porak poranda. Gunung akan meletus, berhamburan serta hancur. Benda dilangit juga bergerak tanpa arah seperti planet, bintang akan saling bertabrakan satu sama lain.

Pada hakikatnya hidup di dunia ini hanyalah sementara, tidak akan ada orang yang bisa hidup selamanya didunia ini, sayang sekali jika ada kesempatan anda tidak memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mencari bekal di akhirat nanti. Banyak orang yang menunda untuk beramal baik dengan alasan masih memiliki banyak waktu. Mereka lupa bahwa kematian akan datang secara tiba-tiba dan tanpa anda duga. Ketika kematian telah tiba, habislah kesempatan anda untuk memperbaiki diri.



Beriman kepada hari akhir atau hari kiamat merupakan rukun iman ke lima. Umat Agama Islam harus percaya dan menyakini bahwa hari akhir pasti datang. Kelak semua manusia akan dibangkitkan dari kubur untuk menerima pengadilan dari Allah SWT.


Hari Akhir/ Hari Kiamat dibagi menjadi dua :

1. Kiamat Sugra (Kiamat Kecil), yaitu terjadinya kematian yang menimpa sebagian dari manusia, Misal: matinya seseorang karena kecelakaan, musibah banjir, tsunami, sakit, tanah longsor dan masih banyak lagi.

2. Kiamat Kubra (Kiamat Besar), yaitu terjadinya kematian seluruh umat manusia serta adanya kehancuran yang menimpa alam semesta. Dunia akan rusak dan hancur. Kehidupan manusia akan berganti dengan alam yang akan datang(baru), yaitu di alam akhirat.

Setelah terjadi kiamat, manusia akan mati dan mengalami kehidupan yang baru yaitu di alam akhirat seperti sebagai berikut:

1. Yaumul Barzah

Yaumul Barzah adalah alam kubur menjadi pintu masuk menuju akhirat atau batas gerbang antara dunia dan akhirat, di alam kubur, manusia akan bertemu, diperiksa, ditanyai oleh Malaikat Munkar dan Nakir tentang semua amal perbuatan ketika menjalani kehidupan di alam dunia.

2. Yaumul Baats

Yaumul Ba'ats adalah hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur untuk diarahkan menuju padang mahsyar, kebangkitan ini akan ditandai adanya tiupan sangkakala yang kedua oleh Malaikat Israfil. Seluruh umat manusia dari awal zaman Nabi Adam sampai manusia terakhir akan bangkit dari alam kubur.

3. Yaumul Hasyr 

Yaumul Hasyr adalah hari dikumpulkannya seluruh manusia dari kuburnya, disebuah pada yang sangat luas yang bernama padang Mahsyar, di padang mahsyar keadan manusia sangat buruk, tidak akan ada yang menolong, kecuali pertolongan dari Allah SWT.

4. Yaumul Mahsyar

Yaumul Mahsyar adalah manusia menerima catatan amalnya selama hidup didunia, baik amal yang buruk atau amal yang baik, semuanya akan tercatat secara keseluruhan. Orang yang beramal baik pasti akan sangat senang ketika melihat hasilnya, sedangkan yang beramal buruk akan terlihat dari penyesalannya.

5. Yaumul Mizan

Yaumul Mizan adalah hari ditimbangnya seluruh amal baik dan buruk semua umat untuk menerima keadilan dan balasan masing-masing,

6. Yaumul Hisab

Yaumul Hisab adalah hari dihitungnya seluruh amal perbuatan manusia, baik amal yang buruk maupun amal yang baik, pada hari itu, manusia akan menerima balasannya masing-masing dari Allah SWT sesuai dengan amal mereka.

Surga dan Neraka

Allah SWT memiliki sifat yang Maha Adil, karena seluruh perbuatan manusia akan di adili se adil-adilnya. Semua amal baik dan amal buruk manusia akan menerima balasannya, tidak akan ada satu pun perbuatan yang luput dari keadilan Allah SWT.

Surga merupakan tempat dimana seseorang yang selalu mengamalkan amal baik selama hidup didunia.

Neraka merupakan tempat dimana seseorang yang mengamalkan amal buruk selama hidup di dunia,

Itulah pengertian hari kiamat, semoga bisa bermanfaat bagi anda, jika ada kesalahan silahkan berkomentar di bawah.

0 Response to "Pengertian Hari Kiamat : Macam-Macam Kiamat, Tanda Kiamat, Surga dan Neraka"

Post a Comment

Peraturan dalam berkomentar

1. Dilarang menggunakan kata kotor
2. Gunakan bahasa yang sopan
3. Dilarang menyebarkan SARA
4. Dilarang berkomentar dengan memberikan link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel