Puskom Lamongan (Pusat Komunitas Kreatif Lamongan)

Pusat Komunitas Kreatif Lamongan yang biasanya di singkat menjadi puskom lamongan merupakan tempat dimana banyak fasilitas media yang berbasis teknologi informasi dan informatika agar dapat meningkatkan pengetahuan baru, Bagi anda yang ingin menjadi seseorang yang kreatif dan memiliki usaha kecil menengah (UKM) sehingga dapat bertransformasi dari offline bisnis menjadi online bisnis, agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang pesat di daerah dan taraf hidup masyarakat di sekitar.



Pusat Komunitas Kreatif ini bekerja sama dengan Kementrian Kominfo dan Pemerintahan Daerah, Sebagaimana Kementrian Kominfo lah yang menyediakan peralatan TIK seperti komputer, wifi dan lain sebagainya dan sedangkan Pemerintahan Daerah yang menyiapkan bangunan, biaya operasional serta tenaga pengelola

Sejarah Perusahaan

Dinas Komunikasi dan Informatika Lamongan bisa dibilang merupakan dinas yang baru saja berdiri, karena sebelumnya bernama Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE). Pembentukan DISKOMINFO berdasarkan perda nomor 1 tahun 2017 ini yang merupakan dinas baru, namun demikian secara operasional sebenarnya urusan pemerintahan yang terkait dengan komunikasi dan informatika sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Lamongan dengan nama serta level kelembagaan yang berbeda. Sebelumnya terbentuk diskominfo pada tahun 2017, penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika diselenggarakan oleh 2 unit kelembagaan, yaitu Pengelola Data Elektronik (PDE) pada sekretariat daerah (Eselon III A)

Bidang Komunikasi dan Informatika pada dinas perhubungan, sejalan dengan restrukturisasi kelembagaan perangkat daerah berdasarkan perda nomor 1 tahun 2017 tersebutm maka pada kedua lembaga tersebut kemudia di merger menjadi satu dan berubah nama menjadi Dinas Komunikasi dan Informatika, sehingga dishubkominfoparbud, berubah menjadi dishubparbud saja dan kelembagaan bagian PDE pada setda di tiadakan.

Mungkin itu saja sejarahnya karena masih panjang wkwk.



Apa fungsi dari Puskom Lamongan ?

  1. Tempat atau Pusat Pembelajaran, Pelatihan dan Pengembangan Inovasi serta kreatifitas yang berbasis TIK
  2. Pusat informasi untuk UKM dalam mengembangkan inovasi serta kreatifitas yang berbasis TIK.
  3. Pusat pamer berbasis TIK
Di Puskom tersendiri juga ada beberapa kegiatan seperti yang ada dibawah ini :
  1. Di Puskom terdapat pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi masyarakat setempat yang dikhususkan memiliki Usaha Kecil Menengah(UKM)
  2. Pemasaran produk UKM
  3. Konsultasi, Mentoring UKM dalam pengembangan inovasi dan kreatifitas yang berbasis TIK
Puskom juga memiliki Visi dan Misi seperti dibawah ini :

VISI

Terwujudnya masyarakat informasi yang sejahtera melalui penyelenggaraan komunikasi dan informatika yang efektif dan efisien dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

MISI

1. Meningkatkan kapasitas layanan informasi dan pemberdayaan potensi masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat berbudaya informasi.

2. Meningkatkan daya jangkau infrastruktur pos, komunikasi dan informatika untuk memperluas aksesibilitas masyarakat terhadap informasi dalam rangka mengurangi kesenjangan informasi.

3. Mendorong peningkatan aplikasi layanan publik dan industri aplikasi telematika dalam rangka meningkatkan nilai tambah layanan dan industri aplikasi.

4. Mengembangkan standardisasi dan sertifikasi dalam rangka menciptakan iklim usaha yang konstruktif dan kondusif di bidang industri komunikasi dan informatika.

5. Meningkatkan kerjasama dan kemitraan serta pemberdayaan lembaga komunikasi dan informatika pemerintah dan masyarakat.

6. Mendorong peranan media massa dalam rangka meningkatkan informasi yang beretika dan bertanggung jawab serta memberikan nilai tambah pembangunan bangsa.

7. Meningkatkan kualitas penelitian dan pengembangan dalam rangka menciptakan kemandirian dan daya saing bidang komunikasi dan informatika.

8. Meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang komunikasi dan informatika dalam rangka meningkatkan literasi dan profesionalisme.

9. Meningkatkan peran serta aktif Indonesia dalam berbagai fora internasional di bidang komunikasi dan informatika dalam rangka meningkatkan citra positif bangsa dan negara.

Puskom juga memiliki data untuk pembelajaran jika anda ingin mendownloadnya silahkan download di : Data Pelatihan Puskom Lamongan

Alamat Puskom Lamongan : Rangge, Sukomulyo, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62216 (Lebih Tepatnya didepan konter Garuda Cell)

Sementara ini Puskom masih aktif di Sosial Media (Instagram) jika anda ingin mendaftar atau ada pertanyaan silahkan dm saja ke akun resmi yaitu @puskom_lamongan , mungkin sementara itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat.

Berbagai sumber, 
thanks bapak Herri P. Wicaksono, S.Kom.

0 Response to "Puskom Lamongan (Pusat Komunitas Kreatif Lamongan)"

Posting Komentar

Peraturan dalam berkomentar

1. Dilarang menggunakan kata kotor
2. Gunakan bahasa yang sopan
3. Dilarang menyebarkan SARA
4. Dilarang berkomentar dengan memberikan link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel