Cara Membuat Form Profil Mahasiswa di VB Dengan Mudah

Kali ini masirawan.com akan membagikan salah satu Cara Membuat Form Profil Mahasiswa di Visual Basic, biasanya pelajaran untuk Visual Basic adanya di jurusan Teknik Informatika, semoga yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi kalian. Sebelumnya saya akan memabahas sejarah dan apa itu Visual Basic.




Sejarah Visual Basic

Visual Basic diperkenalkan pada tahun 1991 yang lalu, sedangkan versi 3.0 dikeluarkan pada tahun 1993 dan mengalami kemajuan yang cukup cepat dibandingkan versi sebelumnya, di Visual Basic versi 3.0 ini masih menggunakan kode yang bekerja di 16 bit. Kemudian pada tahun 1995 dikeluarkan lagi versi terbaru 4.0 dan di versi ini sudah mendukung proses 32 bit, selanjutnya di tahun 1996 muncul lagi versi terbaru yaitu 5.0 yang memiliki kelebihan dan dapat mendukung control activex dan versi yang mendukung 16 bit sudah di hapus, dan Visual Basic yang terbaru versi 6.0 dikemas satu paket dengan Microsoft Visual Studio 6.0 pada akhir tahun 1998.

Apa itu Visual Basic ?

Visual Basic adalah bahasa yang digunakan pemograman atas event-driven yang berasal dari BASIC, Event driven artinya program yang menunggu sampai adanya sebuah tanggapan dari pengguna berupa kejadian tertentu, seperti tombol yang diklik atau menu dipilih, ketika event terdeteksi, event yang berhubungan itu akan melakukan sebuah aksi yang sesuai dengan kode yang telah diberikan.

Dibawah ini merupakan contoh design dari data profil mahasiswa yang saya buat di Visual Basic. Banyak menu-menu seperti, nim mahasiswa, nama mahasiswa, tanggal lahir, jenis kelamin, hobby dan tinggi badan.



Untuk Codingnya seperti gambar dibawah ini. Silahkan kamu tulis jika minat untuk mencoba form yang satu ini



Itu lah contoh singkat dari profil mahasiswa di visual basic, jika ada masalah atau apa silahkan bertanya, terima kasih sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel