Cara Membuat Form Pendaftaran Di VB Dengan Mudah

Kali ini masirawan.com akan membagikan Cara Membuat Menu Form Pendaftaran Di Visual Basic, Apa sih Visual Basic itu? Visual Basic adalah salah satu bahasa pemograman yang menawarkan IDE ( Integrated Development Environment)  untuk membuat sebuah program perangkat lunak yang berbasis sistem Microsoft Windows yang berbasis Grapical User Interface (GUI). Dengan aplikasi ini banyak yang memakainya untuk membuat aplikasi untuk toko, perpus atau yang lainnya.





Itulah penjelasan singkat tetang Program Aplikasi Visual Basic, langsung saja kita bahas topik utama untuk membuat menu form pendaftaran di visual basic. Jika belum punya kalian bisa cari di google pasti sudah banyak yang membagikan aplikasinya secara gratis.


Buka Aplikasi Visual Basic 


1.Ketika sudah berada di halaman utama aplikasi, silahkan kamu membuat project baru, dengan cara klik file -> New -> Project, hingga muncul seperti gambar di bawah.


2.Ketika kamu berada di gambar atas, kamu pilih Windows Form Application dan kamu bisa merubah nama project tersebut sesuai keinginan, jika sudah silahkan klik menu OK.


3. Untuk memberi label kamu klik arah panah merah seperti gambar diatas, dan pilih Label yang saya beri kotak berwarna merah sehingga menjadi seperti gambar dibawah.


4. Untuk cara ke empat silahkan kamu cari lagi di Toolbox yang saya beri arah panah merah tadi dan cari menu textbox, DateTimePicker dan Button lalu kamu bisa mengatur penempatannya sesuai keinginan atau menjadi seperti gambar dibawah.


5. Untuk masuk ke menu coding kamu bisa double klik Label1, otomatis akan mengarahkan ke menu coding. silahkan masukkan codingnya seperti gambar dibawah.


Jika sudah silahkan kamu buat menu form baru untuk menampilkan dari hasil inputan yang ada di form pendaftaran.

Membuat Form 2 untuk hasil inputan form pendaftaran.

1. Silahkan kalian klik gambar icon yang saya beri kotak berwarna merah dan akan menampilkan, add new item dan di klik saja.


2. Jika sudah di klik, akan muncul seperti gambar dibawah, pilih menu Windows form dan pilih Windows form lalu klik add.


3. Silahkan tambahkan menu Label dan Button seperti gambar dibawah ini. 


4. Silahkan Double klik Label1 untuk masuk kedalam menu codingnya, dan silahkan masukkan coding.



Sekarang cara merubah Nama-Nama Label, Button yang ada di form 1, untuk form 2 dibiarkan saja tidak perlu dirubah-rubah.

1. Klik Label1 satu kali dan lalu rubahlah nama tersebut seperti yang seperti saya beri kotak berwarna merah, sehingga seperti gambar dibawah.


2. Jika sudah silahkan klik gambar yang berada di samping kiri tulisan Debug, yang nama icon tersebut Start Debugging, Silahkan Klik saja. Jika sukses akan muncul menu form 1. seperti gambar dibawah, dan saya masukkan inputan atau bisa kamu masukkan sesuai keinginan.


3. Jika sudah memasukkan inputan sesuai keinginan silahkan klik button1 akan muncul outputan seperti gambar dibawah.


Itulah Cara Membuat Menu Form Pendaftaran sederhana Di Visual Basic, Jika ada yang dipertanyakan, silahkan bertanya dibawah ya, terimakasih sudah berkunjung. Jika ada kesalahan mohon maaf, karena manusia juga punya salah hehe, jangan lupa subscribe channel youtube saya dan ikuti blog ini melalui email di bawah ya, agar kamu tidak ketinggalan info atau tutorial terbaru dari masirawan.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel