10 Cara Mengatasi iPhone Bootloop Dengan Mudah Paling Ampuh

Smartphone ini menjadi idaman diseluruh dunia, dengan nama yang sudah terkenal, serta fitur-fitur yang canggih disajikannya, menjadikan iPhone sebagai raja gadget dikelasnya. Akan tetapi harga smartphone ini memang sangat mahal sekali, ya sebanding dengan fitur yang disajikannya. Namun, secanggih apapun smartphone yang dibuat oleh manusia, pasti juga memiliki kekurangan tersendiri di dalamnya. Kekurangan yang hampir tak terlihat ini merupakan masalah yang sesungguhnya, yaitu ketika iPhone anda mengalami Bootloop atau stuck di logo saja.



Kenapa iPhone bisa bootloop ? mungkin saja terjadi gara-gara anda menginstall aplikasi atau tweak dari cydia yang tak cocok dengan perangkat IOS yang anda punya. Walaupun dengan cara jailbreak iPhone yang paling tepat, namun cara itu sangat sulit untuk dilakukan, malah bisa saja membuat hp anda menjadi bootloop.

Bootloop juga bisa terjadi karena banyaknya aplikasi yang terinstall pada hp anda, tak hanya itu saja, masalah kegagalan pada hardware juga dapat memicul hp menjadi bootloop serta menyebabkan kerusakan pada salah satu komponen yang didalamnya. Apapun masalahnya pasti ada jalan yang terbaik untuk keluar, termasuk masalah pada iPhone yang satu ini yaitu bootloop.

Berikut Cara Mengatasi iPhone Bootloop Dengan Mudah :

1. Restart iOS di perangkan anda

Dengan cara restart iOS maka anda harus membutuhkan bantuan dari aplikasi yang namanya iTunes dan komputer/laptop sebagai media. Sebelumnya anda harus paham bagaimana iPhone bisa terhubung dengan iTunes, simak cara dibawah ini dengan benar.
  • tekan tombol HOME + POWER sehingga layar hp anda mati.
  • Siapkan USB yang cocok dengan hp anda
  • Hubungkan perangkat anda ke komputer dengan menggunakan USB kemudia jalankan iTunes
  • Posisikan perangkat anda ke Device Firmware Update (DFU) dengan cara menekan tombol HOME serta POWER secara bersama selama kurang lebih 15 detik, jika sudah, lepaskan tombol POWER tapi anda harus tetap menekan tombol HOME, setelah 15 detik silahkan lepas tombol HOME.
  • iTunes akan menampilkan sebuah pesan jika langkah yang anda lakukan diatas sudah benar Kemudia setelah anda mendapatkan pesan, iTunes akan secara otomatis memproses restore perangkat kedalam posisi default.
  • Setelah proses diatas selesai maka iPhone akan reboot secara otomatis. iTunes akan memberikan opsi untuk me-restore dalam waktu 2-3 jam.
  • setelah proses restore selesai, akan muncul sebuah notifikasi di perangkat anda dan akan melakukan reboot.
  • langkah terakhir, sinkronkan perangkan anda ke iTunes yang sudah di miliki.
2. Melakukan Hard Reset pada iPhone

Jailbreak iPhone memang susah-susah gampang dilakukan, tapi memudahkan anda menginstall berbagai macam aplikasi dan tema menarik. Namun berbagai macam aplikasi dan tema yang anda download tadi bisa saja menyebabkan iPhone anda menjadi Bootloop. Cara termudah untuk mengatasi masalah ini dengan cara hard reset hp anda, caranya seperti dibawah ini:
  • Tekan tombol HOME + POWER pada hp anda secara bersamaan selama 10 detik hingga muncul logo dari Apple
  • Tekan dan tahan tombol Volume atas ketika hp anda melakukan proses boot
  • Kemudian masuklah ke Springboard lalu buka Cydia
  • Ingatlah kembali ke aplikasi yang terakhir anda install sebelum perangkat iPhone mengalami kerusakan, kemudian hapus aplikasinya.
  • Setelah itu coba reboot hp iPhone anda. Apabila proses reboot sudah selesai lalu masuklah ke home screen berarti cara ini sudah berhasil anda lakukan.
3. Recovery Mode

Cara ini juga untuk mengatasi iPhone anda yang mengalami bootloop dengan cara recovery mode. Langkah ini dilakukan ketika iTunes tak bisa terdeteksi. Caranya sangat mudah sekali, hanya saja anda harus berhati-hati agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Langkahnya sebagai berikut :
  • Matikan iPhone anda
  • Siapkan USB yang cocok pada perangkat iPhone
  • Siapkan komputer/laptop yang sudah memiliki aplikasi iTunes, mohon diingat, jangan masukkan port lightning iPhone anda terlebih dahulu.
  • Tekan lalu tahan tombol HOME selama 10detik atau lebih
  • Tekan terus hingga muncul logo iTunes di layar iPhone
4. Cek Konektor Baterai

Cara satu ini sangat penting untuk hp anda, jika konektor baterai hp anda rusak maka segera lah diperbaiki. Dalam hal ini anda harus berhati-hati dalam proses memperbaikinya. Lebih baik serahkan kepada pihak yang sudah ahli tentang Aple Store karena jika ada perubahan perangkat keras yang tidak sesuai maka dapat menyebabkan rusak pada iPhone anda. Jika langkah ke empat ini berhasil, jagalah hp anda dan memberikan daya listrik yang sesuai. Kemudian reboot sistem anda agar kembali menjadi normal.

5. Charge Baterai iPhone

Tanpa ada baterai, ponsel tidak akan bisa menyala, maka jagalah daya pada baterai anda. Salah satunya menjaga kesehatan baterai dengan cara mengisi ulang daya baterai dengan benar, jangan sampai kehabisan daya lalu hp anda mati atau ketika mengisi daya baterai sudah full tapi tidak anda cabut chargenya, hal itu bisa menyebabkan ponsel anda menjadi bootloop.

Jika hp anda benar-benar mati total tidak bisa dinyalakan sama sekali, maka dengan cara terbaik anda harus mengisi daya baterai pada hp anda tersebut, Bisa anda ketahui sendiri pasti ketika hp anda dalam keadaan mati pasti akan menyala ketika di charge. 

6. Tools pihak ketiga tanpa menghilangkan data

Ketika anda menggunakan pihak ketiga untuk membetulkan iPhone yang sedang bootloop. Tools yang bisa anda gunakan yaitu memakai iMyFone D-Back. Tools ini yang paling terpercaya untuk membantu anda ketika memulihkan iPhone kedalam sistem normal lagi dan merecovery data anda yang hilang di iPhone. Berikut adalah langkah yang harus anda lakukan.
  • Download iMyFone D-Back untuk laptop/komputer
  • Install yang anda download tadi, jika selesai maka jalankan. pilih opsi 'Fix iOS System' lalu pilih opsi di mode yang anda perlukan.
  • Hubungkan hp anda ke laptop/komputer dan ikuti langkah untuk memulihkan masalah pada iPhone anda
  • Dalam program ini anda akan menemukan paket yang sesuai dengan paket firmware. Kemudian klik tombol download, proses ini akan memakan banyak waktu sekitar 10 menit.
  • Setelah anda mendownload serta verifikasi paket firmware nya, maka program ini akan berkerja dan memperbaikinya. Proses ini hanya memerlukan beberapa menit saja, setelah selesai iPhone anda akan kembali normal lagi.
7. Diperbaiki ke Apple Store

Jika anda tidak bisa memperbaiki sendiri, alangkah baiknya anda bawa saja ke Apple Store, agar diperbaiki oleh ahlinya, dari pada anda perbaiki sendiri, namun malah menyebabkan kerusakan yang sangat parah dan malah mati total.

8. Beli iPhone baru jika ada uang

Cara kedelapan yaitu dengan cara membeli hp yang baru saja, jika anda memiliki uang lebih, namun sebaiknya membeli iPhone yang lebih canggih lagi, seperti upgrade gadget anda.

9. Berdoa sebanyak mungkin

Dengan berdoa mungkin saja bisa memperbaiki hp anda yang mengalami bootloop, kekuatan doa itu pasti bisa terjadi, karena di dunia ini apa yang tidak bisa terjadi, berdoalah ketika anda selesai sholat (islam), jika anda di agama lain maka lakukan doa yang sesuai saja.

10. Sebagai gantungan

Cara ini paling bagus untuk anda lakukan, karena pasti menjadikan gantungan kunci paling mahal dan bagus, namun hati-hati suatu saat pasti akan hilang, karena adanya orang iri sehingga mereka akan mencuri gantungan anda tersebut.

itulah 10 Cara Mengatasi iPhone Bootloop Dengan Mudah, mohon maaf untuk cara ke 8,9,10. Jangan anda ikuti ketiga cara tersebut, karena hanya becanda semata agar bisa menyebabkan anda rileks hehe, semoga cara-cara diatas bisa anda coba. sekian dan terima kasih.

0 Response to "10 Cara Mengatasi iPhone Bootloop Dengan Mudah Paling Ampuh"

Posting Komentar

Peraturan dalam berkomentar

1. Dilarang menggunakan kata kotor
2. Gunakan bahasa yang sopan
3. Dilarang menyebarkan SARA
4. Dilarang berkomentar dengan memberikan link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel